breaking news New

Aneka Makanan Khas Aceh Yang Paling Enak!

Selain menyajikan pesona alam yang indah, Aceh juga menyimpan beragam macam sajian makanan khas Aceh yang paling enak dan terkenal. Berikut adalah beberapa makanan khas Aceh yang paling enak yang wajib dicoba saat berada di Aceh.

1. Kuah Sie Itek
Sie Itek merupakan makanan khas yang memakai bahan baku itik, namun aroma amis khas bebek nya enggak kecium sama sekali karena makanan ini menggunakan banyak rempah dan bumbu aromatik hingga mengeluarkan aroma harum. Aroma yang paling menonjol dalam sie itek ini adalah wangi daun kari dan pandan yang dipakai untuk mengikat setiap potong bebek yang dimasak.

2. Eungkot Keumamah
Eungkot Keumamah merupakan masakan khas Aceh yang terbuat dari ikan dan memiliki cita rasa yang menantang. Ikan yang digunakannya adalah ikan tuna yang direbus dan sudah dikeringkan, lalu diiris-iris. Makanan ini ditambahi berbagai macam bahan seperti santan kelapa, kentang, cabai hijau dan rempah lainnya.

3. Ayam Tangkap
Ayam Tangkap merupakan makanan khas Aceh yang menggunakan bahan ayam yang telah dilumuri bawang putih, lada, kemiri, garam, dan jahe yang diulek menjadi satu. Ayam ini akan dibiarkan hingga meresap lalu kemudian digoreng sekitar 5 – 10 menit hingga matang. Pada saat penggorengan, masukkan aneka dedaunan aromatik yakni potongan daun kari, daun pandan serta irisan cabai hijau hingga teksturnya garing. Setelah itu angkat ayam dan sajikan di piring, sambil ditaburi daun aromatik tersebut ke atas ayam hingga seluruh ayam diselimuti daun.

4. Rujak Samalanga
Makanan khas berikutnya adalah rujak yang berasal dari Bireuen, Samalanga, Aceh. Secara komposisi, rujak ini tidak berbeda dengan rujak pada lainnya. Yang berbeda dari rujak ini adalah bumbu khas Samalangayang terkenal lebih kuat dan menyegarkan, apalagi jika disantap saat panas terik.

5. Kuah Masam Keu-Neung
Makanan ini biasanya memakai ikan tongkol, tenggiri, bandeng atau kakap. Biasanya Ikan direbus ke dalam air mendidih yang telah dibumbui bawang merah, bawang putih, cabe, jahe, kunyit, daun jeruk, dan belimbing wuluh. Umumnya masyarakat Aceh memasak kuah masam ini menggunakan periuk tanah liat agar rasanya semakin lezat dan harum.