Fakta Chun Li, Cewek Tangguh di Game Street Fighter

Oleh : Bustommyzw | 2022-04-14 13:08:50

Developer Game CAPCOM sukses mempopulerkan Chun Li yakni karakter wanita petarung Street Fighter dari Tiongkok yang mengikuti turnamen bela diri sebagai upaya mencari dan mengalahkan M. Bison yakni diktator yang bertanggung jawab atas kematian ayahnya.

Sejak saat itu, Chun Li tak butuh waktu lama, menjadi tokoh wanita pertama yang dapat dimainkan pada series game fighting ini untuk menjadi salah satu karakter paling populer di dalam pop culture. Kecepatannya membuat dirinya menjadi salah satu karakter terbaik untuk digunakan, dan jurus petirnya bisa mematikan jika diserang kepada lawannya.

Chun Li bukanlah gadis dengan karakter lemah yang hanya bisa menunggu untuk diselamatkan, tidak seperti kebanyakan karakter wanita dalam game sebelumnya seperti Zelda, Princess Peach atau Olive. Revolusi yang dihasilkan dari karakter satu ini membuat beberapa game setelah Street Fighter II juga membuat karakter game wanita yang tangguh juga.

Mempunyai Varian Versi Jahat Bernama Shadow Lady

Pada Franchise Street Fighter sudah memperkenalkan beberapa varian jahat dari karakternya - dan salah satu paling terkenal seperti Evil Ryu. Sosok ini muncul ketika Ryu dirasuki energi jahat dan kehilangan akal sehatnya.

Pada Marvel vs. Capcom juga sukses memperkenalkan versi jahat Chun Li, yang dikenal sebagai Shadow Lady. Shadow Lady memiliki kulit yang lebih gelap dari versi karakternya dan memiliki berbagai serangan dan kemampuan yang unik. Shadow Lady dapai menembakkan misil dari punggungnya hingga membuat dinding penghalang yang berelemen listrik. Shadow Lady juga dapat melakukan triple jump dan memiliki jurus pamungkasnya sendiri yang disebut Final Mission.

Nama Lengkapnya Terkuak di Film Live Action Street Fighter
Versi karakter Chun Li yang muncul di film live action Street Fighter tahun 1994 ditampilkan sama persis dengan karakter dalam video gamenya. Dia berambisi ingin membalas dendam atas kematian ayahnya, yang dibunuh oleh M. Bison. Bedanya dia adalah seorang jurnalis dalam film ini, bukan seorang polisi seperti dalam gamenya. Chun Li bekerja sama dengan E. Honda dan Balrog yang juga menjadi wartawan perang, untuk mendekati organisasi kriminal M. Bison.

Walaupun tak menjadi kanon cerita gamenya, tapi film ini mengungkapkan nama lengkap protagonis wanita ini sebagai Chun Li Zang. Sayangnya nama Zang hanya ada di dalam film yang diperankan oleh aktris terkenal Ming Na Wen ini, dalam gamenya tak pernah disebutkan jika nama panjangnya adalah Zang.


Kesuksesan besar pada game Street Fighter II membuatnya menjadi franchise di berbagai media. Street Fighter telah melahirkan film live action, komik, mainan, dan setiap merchandise yang kerap laris terjual.

Salah satu adaptasi yang paling terkenal dari Street Fighter II adalah serial komik yang dirilis oleh Malibu pada tahun 1993. Dalam komik Street Fighter dari Malibu, Chun Li kerap berlatih dengan Ryu dan Ken, sebelum dia bergabung dengan kepolisian.

Dalam edisi pertama, Chun Li mengumumkan bahwa dia telah jatuh cinta pada Ryu. Namun sayangnya Ryu menolaknya. Edisi ketiga yang menjadi edisi terakhir dari seri komik ini mengungkapkan bahwa keduanya akan berakhir bahagia dalam sebuah hubungan romantis.

Itulah beberapa fakta menarik dari Chun Li, cewek tangguh di Game Street Fighter!
Tags : Games, StreetFighter